Trip ke SUMBA (Part 2/3)

Part 2/3

Pagi hari berikutnya Restu mengeluhkan perih di bagian belakang lehernya dan ternyata kulitnya terbakar. Warna kulitnya menghitam terbakar. Iya panasnya parah sih, em maksudnya kita ga terbiasa aja panas-panasan kayak gini. Ya mungkin gue lebih terbiasa karna sering dinas luar entah itu ke muara, hutan, pantai, gunung dll tapi kalo restu? dia stay aja gitu di kantor yang keadaannya sebenernya udah nyaman dan adem. Padahal dia udah pake sunblock juga tapi ttp gitu, ya mungkin keringetan kali karna panas jadi luntur jadi sering-sering deh balurin sunblock nya klo lagi traveling. Akhirnya gue memutuskan pakai snail bee untuk ngademin dan untungnya reaksinya oke banget dan Restu jadi nyaman buat jalan-jalan lagi.
kulit restu yang terbakar

So, lanjuut...
Jadi pagi-pagi kita jalan ke Pantai Watubella dimana pas pertama kita melewati bukit rerumputan gitu dan gue ngerasa kayak masuk ke dalam eranya Beethoven, masuk ke dalam sebuah savana tapi banyak bukit dan kita tiba-tiba menepi ke sebuah ladang bunga dan itu buntu. Bang Arto berenti gitu aja dipinggiran ladang bunga yang dekat dengan semacam jurang, tapi Bang Arto menunjuk ke sebelah kiri dan katanya untuk sampai ke pantainya kita tuh mesti lewatin ladang bunga. Gue, Restu dan Mas Rais akhirnya melewati ladang bunga dan menuju jalan berpasir. Pasir disini lembut tapi berbeda tekstur dengan yang di Pantai Mbawana klo pasir disana cenderung padat kayak tepung dan disini lebih sulit dipijak jadi klo melangkah pake sepatu dan kemasukan pasir, fix langkah lo akan jadi berat. Oh iya disini ada beberapa cangkang bulu babi, jadi hati-hati jalannya. Pas sampai pantainya, Subhanallah, cantik bangeeettt. Yess, Sumba make our dreams come true lagi, pantainya keren abis, masih pagi dan minta banget di ceburin. Ini pantai lagi-lagi cuma ada kita. Private beach again and we loved it :D

Ini adalah foto-foto kita di Pantai Watubella

Disini kita lumayan lama sih karna gue dan restu main main di pantai dan batu-batu, jadi dibawah batu kapurnya ini ada semacam gua-gua untuk sembunyi dan kalo kata restu "enak mut, adem" haha iya sih, kalo inget cuacanya di luar batu tuh panas hihi. Oh iya kelupaan sama mas rais, dia udah capek jalannya lumayan jauh keujung sini. Jadi dia istirahat, gue rasa sih masih pegel efek kemarin manjat jurang di Mbawana hahaha. Anyway, restu juga kakinya pada pegel-pegel, jadi buat yang mau explore Sumba Barat, mendin kalian sebelumnya persiapan jalan kaki atau ya paling ga di kotanya jalan di mall dulu lah 2 jam buat pemanasan. Asli tapi seru banget disini.

Selanjutnya kita mengarah ke Sumba Timur tapi sebelum itu menutup perjalanan kita di Sumba Barat, kita mampir ke desa adat lagi nih, namanya Kampung Praijing atau dikenal dengan nama Praijing Village. Berbeda dengan Desa Ratenggaro, Praijing terletak di dalam hutan bukan di tepi laut dan Praijing Village ini sudah dikelola oleh pemerintah setempat yang mana sudah ada listrik masuk ke kampung sini. Disini orangnya lebih ramah (opini gue) dan anak-anaknya kayaknya lebih terbiasa sama pendatang. Restu aja langsung akrab sama mereka, ngobrol dan foto-foto. Oh iya, gue mau post satu foto yg akan jadi headline disini.

Praijing Village
Kalau kalian suka follow akun-akun folks atau travel agent atau akun-akun pariwisata lainnya pasti udah ga asing lagi sama foto ini. Jadi dari Pantai Watubella kesini tuh agak jauh dan kemarin kita habis capek dari Pantai Mbawana karna effort yg luar biasa terus gue, restu dan mas rais tidur sepanjang jalan haha, maafkan bang arto tapi pas bang arto bilang kita udah sampe dan liat view yang begini. Kita semua langsung semangat banget, rencananya sih mau foto yang banyak tapi unfortunately hari pertama kamera gue tbtb matot dan hp gue full memory, sedih sih, tapi ini kayak pelajaran buat gue untuk ya udah nikmati aja yang ada, interaksi dengan orang sekitar di tempat tap bersinyal ini dan tempat ini lebih memberi gue kedamaian.

Restu dan Mutia di Praijing Village

Lagi-lagi pengen bawa instax kesini. Anak-anak disini selalu antusias untuk di foto, tapi sayangnya foto-foto ini hanya bisa jadi kenangan untuk kita karna kita bisa simpan di handphone tapi untuk mereka? hm semoga kita masih terkenang dalam hati hehe :)) . Yupp, setelah puas main dan foto-foto disini kita melanjutkan perjalanan ke Sumba Timur. Oh iya, ada yang ketinggalan, jangan kaget kalau setiap datang ke tempat wisata kalian diwajibkan mengisi buku tamu dan memberikan retribusi seikhlasnya

Next trip ke Sumba Timur .....