TIPS PERGI KE SUMBA 'ALA' MUTE



Let's talk about Sumba

Sumba adalah sebuah pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur. Pulau ini istimewa bagiku dan restu. Oh iya, anyway aku baru saja menikah, rencananya aku akan buat postingan khususnya sebulan setelah kami menikah dan sekarang kita ngobrolin trip nya aja. Jadi, kami memutuskan untuk melakukan trip pertama kami ke SUMBA, sebuah pulau dengan rahasia-rahasia kecil di dalamnya.

Sekilas info, gimana sih keadaan di Sumba itu? Jadi Sumba tuh dibagi ke 4 bagian. Ada Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah dan Sumba Timur. Untuk trip kali ini kita ngejadwalin ke Sumba Barat dan Sumba Timur aja tapi ternyata menurut diver kami yg orang asli sana, kalau kita sempet ke Sumba Barat Daya juga loh. Awalnya bingung banget mau liburan kemana, ada beberapa destinasi yang kita mau datengin dan finalnya kita memutuskan ke sumba dengan pada awalnya kita ga tau apa-apa em maksudnya kita belum tentuin mau kemananya, ada sih beberapa tempat yg mau kita datengin tapi agak takut dengan cuacanya yang sebenernya baru awal musim penghujan banget kan. Tapi akhirnya bismillah aja, percaya aja sama Allah, semoga cuacanya mendukung kita yang lagi pengen banget liburan berdua.

Berdasarkan letaknya, yang pasti dari Sumba itu dia panas, banyak bukit, pantai, savana dan air terjun. Pada awalnya itu dulu yang jadi pegangan ku pas packing ke sumba. oh iya satu lagi, musim hujan. Nah prepare deh tuh biar ga kedinginan tapi ga kepanasan juga. Jadi ada beberapa tips yang akan kita bahas disini. Let's get started !!!

Pertama,
Sumba itu panas jadi jangan lupa SUNBLOCK ini wajib banget, cari yang SPFnya diatas 50 dan ada +++ nya. Buat kalian yang takut menghitam ya mungkin bisa pake sunblocknya 3jam sekali tapi jangan bikin liburan kalian jadi rempong karna takut panas atau takut hitam. Ini lagi liburan, biarkan sementara diri kita dimanjakan alam, nikmatin aja. Kalo aku punya tipe kulit kering jadi si sunblock ini ku campur dengan lotion yg aloevera jadi rasanya nyegerin sekaligus ngelindungin kulit kita juga.

Kedua,
Sendal, ini wajib sih. Bawa sendal yang nyaman dipakai buat ke pantai, ke bukit, tebing, pokoknya segala bisa. For your information kalo aku sih milih sendal swallow, udah paling easy going deh pokonya. Oh iya pastikan sendal yang kalian pilih itu kuat segala kondisi, gampang kering, ga licin dan tetep nyaman dipake, mengingat kita gatau cuaca disana kan. Makanya kita harus pikirin barang apa aja yang mau kita bawa dan yang praktis juga.

Ketiga,
Pilih pakaian yang nyaman. Sumba ini panas tapi terkadang hujan juga, jadi pilih baju yang adem dan gampang kering. Kalo aku sih prefer pake baju yang agak longgar juga, karna rencanaku ke pantai dan bukit kan. Biar ga repot habis main di pantai terus ganti baju lagi pas mau ke bukit, apalagi kalo sorenya kalian mau ke pantai lagi. Oh iya di pantai sumba itu rata-rata belum terjamah jadi ga akan ada tuh kalo kalian mau ganti baju di kamar mandi atau ruang ganti.

Keempat,
Siapkan bekal. Di Sumba tuh jarang ada yang jualan makanan disekitar tempat wisatanya. Semua disini masih alami dan dibiarkan gitu aja. Jadi bakal susah banget deh cari makanan, ga ada malahan. Apalagi kalo kalian ada di Sumba Barat, rumah penduduk aja jarang, ke pantai, ke bukit, kemana mana berasa milik berdua haha. Bener-bener cuma ada kita.


Kelima,
Bawa uang cash. Mungkin ada dari kalian yang liburan ke Sumba untuk hunting kainnya yang cantik-cantik, Yup jangan lupa siapkan uang cash karna kalian ga akan nemu atm kecuali kalian dari kota nya, tapi jarak dari kota ke tempat wisata biasanya jauh. PR banget kan kalo kalian mesti bolak balik karna mau jajan haha yang ada malah ga jadi beli terus nyesel, karna kain sumba itu baguusss :))

Keenam,
Bawa Kamera, siapin memori yang banyak karna ada ribuan spot foto yang bagus disini. Buat kalian yang seneng foto yang instagramable, Sumba menawarkan panorama yang ciamik. haha bahasanyaa. Mungkin karna masih alami, aku sebagai anak yang terbiasa tinggal di kota pas kesana tuh kayak liat surga. Ini indah bangeet, cuma bisa bersyukur Allah udah kasih rejeki teramat banyak untuk nikmatin alamnya Sumba yang masih sangat alami ini. Walaupun kalo versi ku sih lebih seneng nikmatin dengan mata sendiri dari pada kamera karna yang tertangkap kamera itu cuma cuplikan kecil dari apa yang udah ku lihat disana. Aslinya lebih bagus. Enaknya sih bawa wide lense biar bisa ambil view 360.

Ketujuh,
Bawa obat-obatan sendiri, jadi pas habis dari padang alang-alang dan savana sampe mobil langsung gatel-gatel gitu, untuk bawa minyak kayu putih jadi udah mendingan deh. Di Sumba, kebanyakan yang dijual adalah obat-obat generik, untuk yang berpenyakit khusus mending bawa obat sendiri.

Kedelapan,
Bawa permen, coklat atau peralatan sekolah. Jangan kaget kalo ke Sumba banyak anak-anak yang datang minta uang, permen, coklat atau peralatan sekolah. Iya ngomongnya aja yang jangan kaget tapi pas awal kaget juga. Ya dengan cara hidup disana, peredaran uang ga secepat di jakarta dan kehidupannya masih banyak yang kesusahan. Dan akhirnya kalau ada wisatawan datang, banyak anak-anak yang minta uang, permen, coklat atau peralatan sekolah tapi kebanyakan mereka suka sekali permen sih, mereka nyebutnya gula-gula.

Kesembilan,
Kalian sebaiknya udah tau banget destinasi mana yang mau didatengin, biar menyesuaikan jalan dan cuacanya. Nah, kalau kita aku dan suami, kita rundingin sama mas-mas guide dan driver enaknya kemana. Sebenernya kita juga mau ke air terjun tapi mereka ga berani antar karna cuaca hujan. Tapi alhamdulillahnya sepanjang trip kita hujan cuma di hari terakhir selama perjalanan dan ditutup dengan pelangi yang berkejaran dengan sunset di padang savana, dengan kuda-kuda yang kenyang habis makan dan kita yang bahagia menikmatinya :))

Kesepuluh,
Enjoy the moment. Di Sumba itu signal agak sulit terutama di Sumba Barat. Jadi tips dariku sih simpan aja gadget kalian dan nikmati alamnya. Main sama anak-anak, ngobrol dan curhat sama ibu-ibu, belajar budayanya dan nikmati kehidupan disana. Jangan takut hitam saat panas-panasan, jangan takut untuk ngobrol sama orang baru, jangan takut turun tebing buat dapet view oke, jangan takut sama kuda, sapi, dan babi yang berkeliaran di jalan, mereka itu baik kok hehe. Mereka ga akan ganggu klo kita ga ganggu dan Jangan Buang Sampah Sembarangan !!



Enjoy Sumba

 sneakpeak sumba postingan selanjutnya ...



















 









Komentar

Postingan Populer