TRIP KE SUMBA (PART 3/3)

Trip ke Sumba Part 3

Butuh waktu sekitar 3 jam sampai 4 jam perjalanan dari Sumba Barat ke Sumba Timur. Dalam perjalanannya, kami menyempatkan ke sebuah bukit dan rencananya mau sunset-an disana tapiiiii ternyata ga jadi karna cuaca memburuk. Anginnya gede banget dan sampe bikin awan hitam keliatan geraknya cepet banget. Aseli disini tuh bukit doang jadi pas lo naik ke atas dan mau soksokan ketebak angin ala titanic, fix banget ini bisa!! haha. Terlepas dari itu, cuaca disana kala itu seru banget sih, klo kalian punya interest liat petir kayak gue, mungkin ini salah satu best place nya karna 360 derajat kalian klo udah sampe diatas bukit pasti keliatan apapun itu, persis. Sayang aja saat itu keadaan kamera gue matot dan ga pake wide lense juga sih jadi ga bisa kasih liatnya. Pokoknya keren, coba kesana aja kalo mau tau. Nama lokasinya adalah Wairinding Hills / Bukit Wairinding.

ini penampakan Bukit Wairinding
Dan kalo ada yang mau tau se-berangin apa, ya kira-kira liat aja fotonya. Oh iya, kita disana kenalan sama Lidia, kawan-kawannya dan the doggo. Serunya adalah habis kita sampe kesana dan foto dan menikmati pemandangannya yang damai, eh ada beberapa anak yang lagi main sore-sore. Mereka umuran kelas 3 SD, terus ada adiknya juga disana (gatau namanya siapa dia masih balita). Mereka main bersama anjing-anjingnya dan nyanyi-nyanyi bareng. Dalam hati gue berkata "ini baru anak Indonesia ASLI" tau ga kenapa? karna lagu yang mereka nyanyiin itu lagu wajib nasional. Entah kenapa saat itu gue jadi terharu liatnya. Kadang mereka nyanyinya ada yang salah terus akhirnya gue coba koreksi dan kita nyanyi bareng. Seru!! dan mereka juga ngingetin kita untuk ga buang sampah sembarangan di tanah indah SUMBA MEREKA. Hm kalo boleh jujur, iya disini agak banyak sampah, entah siapa yg nyampah, gue udah coba mungutin tapi di bagian bukit yg lain masih banyak :(( Plis banget klo kalian ngetrip jaga lingkungan juga, jangan sekedar mau dapet foto bagus yang instagramable tapi kalian lupa buat jaga lingkungan. Please be wise guys.

Kita yang ketebak angin
Trip ke Sumba
Pacaran dulu gpp kan, ini awan diatas kita banget ya -.-'
Potret of Lidia
Kita dan foto ala ala
Jadi if you know, disini tuh tempat foto prewed yang lagi hits ala ala seleb, belum lama ada Marchel Candrawinata yang foto prewed disini, selumnya juga ada Mba Andien dan Mas Ippe yang kesini sebelum ada Kawa. Sebenernya gue juga baru tau klo spot ini hits pas kesini sih.

Habis asik foto, nyanyi dan nari-nari bareng anak-anak sini, kita langsung melanjutkan lagi perjalanan ke Sumba Timur. Berhubung hujan mulai turun dan matahari mulai tenggelam, kita meneruskan perjalanan dengan kebahagiaan di hati kita :D

Nah sampe di Sumba Timur kita nginep di pusat kota dan disini listrik lebih banyak dari di Sumba Barat dan udah ada alun-alun juga dong, jadi kita makan malam disini. Sejujurnya lagi, makanannya ga seenak di Sumba Barat (kayaknya lidah gue tradisional deh). Kalo kata Restu sih, kamu mau mengharapkan apa mut, ini bukan pusat rempah dan ongkir rempah dari pulau sekitar kan mahal, ya iya sih jadi nikmatin aja, nasi goreng dengan bumbu saos yang warnanya pink dari saos yang buat gue agak mikir makannya, kalo bisa bilang, sini gue yang masak aja deh hahaha.

Pagi setelahnya kita melanjutkan perjalanan ke sebuah bukit yang ternyata deket banget sama hotel, ga nyangka ada bukit kayak gini di deket bandara dan deket pusat kota. Kalo di Jakarta, Bandung atau Bali, gue yakin ini bukit udah dijadiin Resort karna view nya asik banget, udah kayak lukisan. Alusss klo kata anak fotografi. Tempat ini adalah Bukit Persaudaraan. Bisa di bilang dibukit ini kalian bisa liat bukit-bukit lain bahkan perbatasan kampung gitu (kata anak yg kita temuin disana). Hati-hati tapi klo kesini, disini itu tempat makannya para kuda dan banyak poopnya berserakan dimana-mana :D xixixi

Bukit Persaudaraan
Nah disini gue ngerasa jadi heidy (ada yang tau ga ya?). Pas baru sampe gue langsung excited sama bukitnya, terlebih ini masih pagi dan ada sapi-sapi dibawah kita yang lagi asik sarapan. Mereka segerombolan gitu. Oh iya sebenernya ini tuh jalan buntu tapi Bang Arto tiba-tiba bawa kita naik sampe ke atas. Untung mobilnya kuat lewat batuan yang mayan sih kalo dilewatin sedan dkk pasti lecet. Saat mobil berhenti, gue langsung cusss lari ke tepi jurang, woow baguuusss kayak lukisan nih pemandangannya. Sukaaak.

Trip ke SumbaTrip ke Sumba
Trip ke Sumba

Hahaha keliatan kan ngaburnya kayak apa, ini luas sih jadi seneng lari-larian. Plus gue super excited  (lagi) pas ketemu sama anak sekolahan yang kayaknya bolos sekolah atau entah sekolah siang yang gue gatau namanya karna lupa nanya nama juga dan dia bawa seekor kuda yang lagi hamil buat sarapan dan dibelakangnya ada banyak banget kawanan kuda yang kata anak itu bukan punya dia tapi temennya si kuda yang hamil ini. I called it "Pertemanan Kuda". Ada yang pasangan, ada anak kuda, kuda dewasa yang gede juga ada dan mereka semua Liar (OMG) gue coba buat pegang tapi kata anaknya itu yang hamil ga suka di pegang. Akhirnya gue berusaha mendekati yang lainnya. Mereka, Para Kuda bikin takjub, klo di komik pasti mata gue banyak blink-blink nya deh. Alhamdulillah ya Allah, pengalamannya sangat Luar Biasa. Seneenggg :))

Yeaaay KUDA
Trip ke SumbaTrip ke SumbaTrip ke Sumba

Setelah dari sana kita melanjutkan perjalanan ke Tanarara Hills tapi karna lokasinya jauh kita mau makan dulu nih dan kita memutuskan makan disebuah kedai pinggir jalan (alhamdulillah ada tempat makan). Disana gue makan nasi rames ayam tapi dikasih kuah bakso cuma entah kenapa karna ga ada pilihan lain jadi terasa enak banget haha terus gue mesen es campur yang ternyata isinya o*i jelly dri** if you know what I mean. Semua keadaan semakin buat gue bersyukur, tinggal di Kota yang serba ada dan terjangkau segalanya. Ini bukan soal mahal atau engga tapi ini kemudahan yang lo terima. Rasanya, harus banyak bersyukur kalo terus ngebandingin kehidupan disana. Mungkin klo pun lo punya uang banyak tapi mau beli apa dan dimana juga disana.

Pergi ke Tanarara butuh waktu yang agak lama karna letaknya yang di Puncak dan di tengah bukit. Sampai sana ternyata seneng juga karna dalam bayangan gue view nya bikin lo serasa di negeri dongeng, dalam pandangan gue sih kayak fairy tale gitu dan makin kuat karna efek elang-elang yang bebas terbang disana dan awan yang bergerak seolah sangat dekat sama kita, serasa bisa di gapai. (gue baca ini tulisan agak lebay sih tapi ya gimana ya, itu yang gue rasain soalnya, sorry ya readers).

Trip ke Sumba

Disini tuh gue sama restu jalan-jalan ke bawah bukit tapi Mas Raiz capek haha dan Bang Arto laper jadi dia makan aja di mobil. Foto disini tuh agak drama-drama gimanaa gitu. Oh iya habis gue googling setelah kesini jadi kayaknya timingnya agak kurang pas sih harusnya kalo mau kesini pagi-pagi sekalian karna Sapi-Sapi dan Kuda-Kuda makan di bawah bukit ini. Seru ga tuh. Dan selanjutnya gue mau spam foto-foto di sana.

Trip ke SumbaTrip ke SumbaTrip ke SumbaTrip ke SumbaTrip ke Sumba

Nah disini ada foto anak-anak SD naik truk pake baju seragam. Terus gue mau cerita sedikit. Jadi jarak dari rumah mereka ke sekolah itu jauh, berkilo-kilo meter jaraknya. Super banget kan perjuangannya. Bayangin ga di era ojek online macem gini ada loh mereka yang kesulitan buat mau sekolah aja dan kalau kalian tau dipinggiran kota besar juga sebenernya masih ada yang kayak gini. Ga usah jauh-jauh ke Sumba deh buat gambarin ini. Sebut aja Bandung. Bandung itu kota besar tapi dipinggiran kota yang segitu wahnya ternyata masih ada juga loh yang kesulitan akses sekolah. Temen-temen gue pernah buat projek film tentang ini sih, coba cek sabadesa. Itu kru Pertemanan KI yang buatnya. oke balik lagi Sumba. Okey, speechless, pokoknya banyak-banyak bersyukur aja deh udah bisa hidup dan sekolah yang layak. Semoga gue dan kalian para readers bisa ada kesempatan bantu mereka, sekecil apapun itu. Amin.

Lanjut ke destinasi selanjutnyaaa....

Ini adalah destinasi terakhir kita huhu, agak sedih ya. Waktu disana tuh ga terasa banget loh tau-tau besok udah harus balik ke Jakarta. Oh NO....!!! but ya semoga suatu hari nanti punya rejeki buat kesini lagi, ga dengan tangan kosong tapi dengan sesuatu. Pasti seru banget deh.

Dan destinasi terakhir kita adalah ya sebenernya ga bisa dijelasin cuma satu destinasi sih. Jadi kita awalnya mau ke Walakiri Beach but unfortunately jembatan yang kesana lagi roboh dan akhirnya kita tuh lewat jembatan sementara dan harus antri dengan para sapi dong lewatnya hihihi. Dan Bang Arto bilang "ini kalo keberatan bisa roboh loh orang cuma tumpukan drum" okeey kita pada ketawa di mobil. Tapi kayaknya ketawanya sambil mikir gitu duh gimana ya haha. Oh iya pas kita kesini tuh keadaan tiba-tiba gelap, terus hujan besar tapi sebentar sih terus tiba-tiba cerah lagi. Nah mas rais udah parno aja tuh katanya ini puting beliung ga? soalnya dia pernah di Kalimantan pernah gitu juga. Medannya lapangan luas gitu kayak savana terus awan gelap tiba-tiba puting beliung, untungnya disana engga. Tapi sempet rebutan jembatan sama sapi karna itu jalur satu-satunya, seru hahaha. Udah gue cari fotonya tapi kayaknya keapus deh :( soalnya cuma sapi-sapi lari jadi banyak blur fotonya.

Nah sampe ke Walakiri ternyata becek gitu keadaannya karna habis hujan jadi gue memutuskan untuk lanjut ajalah sampai ujung. Bang Arto tadinya agak khawatir karna dia belum pernah juga tapi gue kan anaknya suka kepoan ya jadi gue minta terus aja maju ke savana. Nah keluar dari semak belukar akhirnya kami menemukan savana dan seru bangettt, banyak kuda-kuda makan sore.

Namanya Savana Puru Kambera banyak kuda-kuda berkeliaran makan sore disini. Biasanya berkelompok gitu mereka dan gue tuh penasaran banget sama gerombolan kuda sini tapi cowok-cowok udah pada capek, jadilah gue lari-larian sendiri -.- huff.

bukan anak ilang
Akhirnya ikut turun juga
keliatan ga kudanya?
Akhirnya ya turun juga dan waktu udah semakin sore, kawanan kuda juga makin menjauh menuju pantai atau mungkin disana itu rumahnya ya? haha gatau deh. Pokoknya mereka udah menjauh, gue juga gamau ganggu dan kita nyari spot sunset sendiri. Kita terus ke Pantai Puru Kambera dan diperjalanan kita liat ada yang prewedding gitu. Hm. Kalo gue pikir-pikir agak sayang juga sih klo ambil paketan prewedding puluhan juta kesini. Mending waktunya buat explore Sumba kan dan uangnya ditabung sebagian hehe. Tapi itu pilihan sih. Oh iya pas kita sampai ke Pantai Puru Kambera ini tuh kayak ujungnya Sumba dan ternyata kita semua baru pertama kali kesini bahkan Bang Arto yang orang sini juga.
Trip ke Sumba
Beres dari sini kita kembali ke hotel ditutup dengan pelangi mengiringi perjalanan kita. Alhamdulillah akhirnya sudah selesai perjalanan Sumba kali ini. Walaupun masih banyak tempat wisata bagus yang belum kita kunjungi disini kayak wisata air terjun yang katanya sih indah banget, Ya maybe next time ya. Thank you Sumba for the beautiful journey. I'll keep memory in my heart. Me and my husband, pamiiiiit :D