Wedding Planning ala MUTE

"If I get married, I want to be verry married" 
- Audrey Hepburn


Pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan khususnya bagi sebagian wanita mungkin adalah hal yang di impi-impikan. Bukan cuma karna menikah dengan si Pangerannya tapi juga karna pesona acaranya, kehangatan, lampu kristal, gaun indah, makanan enak, musik kesukaan, dekorasi yang cantik, semua yang berbau indah dan bahagia sepertinya ada disana. Wedding is like a dream and I'll make it come true. Mungkin ini adalah salah satu slogan ku saat itu. Make a dream come true artinya ga selalu harus mahal, ga selalu harus mewah dan ga selalu harus party with a lot of people, just the people who you want to invite to come. SIMPLE but NOT EASY. Salah satu lagu selalu mengiringi saat memikirkan pernikahan adalah soundtracknya Disney Princess: Cinderella "A Dream is A Wish Your Heart Makes" dan "So This is Love". Dari ngayal-ngayal asal terus akhirnya kepikiran buat moodboar dan akhirnya sampai ke konsep. Oh iya, ayo aku ceritain dari awal dulu deh ya.

Jadi tahun 2016 akhir Restu udah sempet nyinggung masalah nikah di obrolan santai kita tapi kayak cuma becandaan aja dan aku anggap ya udah lah ya emang masanya mulai banyak undangan temen-temen juga dan pas tahun baru 2017 papa ajak restu ngobrol dan tiba-tiba dia bilang ke papa mau nikahin aku. Jujur aja jadi speechless, ya emang sih kita udah temenan lama tapi kan belum mikirin mau nikah juga, lagian aku masih terlalu muda (awalnya pikirku). Sempet bingung harus respon apa bahkan sampe 2 bulan setelahnya tiba-tiba udah ada pertemuan keluarga aja (selama pertemanan aku belum pernah ada pertemuan keluarga karna alasan prinsipil) semua sekejap aja kayak mimpi. Terus Restu pilih tanggal pernikahan dan akhirnya booking gedung (waiiittt, dalam pikiran ku masih masih ngawang yg nanya-nanya nikah juga aku ga bisa banyak jelasin). Terus akhirnya tahun ke-6 kita berteman dan akhirnya dia bilang seperti anak SD, akhirnya kita lulus, ayo ke jenjang berikutnya dan voila, I'm officially engaged. Okey, saat itu aku baru tersadar, oh ini serius ya? (oke fix mut otak lu roamingnya kelamaan) dan dari situ baru deh aku merasa iya, ini serius loh. oke. jadi tips pertama adalah sedapetnya tanggal langsung booking tempat deh. Itu aja dulu. Oh iya itu juga berlaku buat souvenir ya, apalagi yang mau order souvenir exclusive. Aku juga order dari Desember untuk souvenirnya.

Kemudian aku&restu menyelenggarakan acara pertunangan di akhir bulan November. Hm sejujurnya sih kita terlalu santai kata mama bahkan katanya unprepared. Tapi sebenernya aku udah punya konsep dan gamau ngeribetin keluarga jadi ku coba handle sendiri tapi mungkin salahnya aku dan restu karna kita lupa harusnya kita nyiapin untuk acara pernikahan juga (maklum ga pake WO dan baru pertama nyelenggarain juga). Tapi kerjaan lagi banyak setelahnya, bulan desember adalah bulan yang sibuk. Entah harus buat laporan tahunan bahkan beberapa kali aku harus dinas luar kota. Bener-bener ga ada waktu buat ngurus secara serius tapi ditengah kesibukan aku sempet-sempetin tuh bikin budgeting. Karna menurutku apapun acaranya harus sesuai kemampuan, aku gamau kalo harus ngais-ngais ngutang sanasini biar dibilang acaranya wah. Pokoknya aku mau yang sesuai budgetku dan ini tips yang ke2.

Terus jangan lupa buat bucket listnya ini tips yang ke3. Bikin leveling dari setiap list, mana yang besar dan butuh waktu lama, bisa dikasih ke orang, berapa banyak, berapa harga, berapa % dari budget, siasatin gimana caranya biar ga over budget, sesuain sama vendor yang kita mau. Kalo kelebihan budget di satu sektor gimana? bisa subsidi silang kok asal ga lebih dari budget keseluruhan. Oh iya satu yang paling sering dilupain yaitu dana tak terduga. Justru ini yang paling banyak sebenernya karna mungkin kita bisa tekan biaya untuk kita tapi kalo orang tua yang minta? mending di budgetin sekitar 35% dari budget minimal. Kenapa minimal? karna ini biasanya kepake di beli baju keluarga, makanan keluarga, snack, minuman, parkir, dll yang ga ada kwitansinya kadang-kadang haha. Pokoknya siapin aja sesuai budget.

Model Budgeting Mutia & Restu

Selanjutnya, kepoin vendor yang udah jadi rekanan gedung (sesuaikan budget tentunya). Untungnya gedungku udah punya list vendor jadi menurutku itu lebih ngemudahin banget sih. Kita bisa pilih dan langsung kontak ke vendornya (udah ada kontaknya juga soalnya). Dari Desember udah mulai sibuk banget, sabtu-minggu kalo lagi ga dinas kerjaannya ngurus nikahan, mulai dari test food sampai datang ke wedding fair. Akhirnya kita dapat vendor untuk catering dan begitu fix langsung DP dan ternyata mereka ada di paket full nya tapi tetap kita masih liat-liat yang lainnya karna ada beberapa yang belum sreg, yang penting cateringnya udah oke dulu dan mereka bisa buat baju pernikahan juga. karna aku sudah desain baju akhirnya di januari aku kasih desainnya untuk di jahit, bahan dan detail motif semua sudah ku buat jadi itu lebih mempersingkat waktu juga. Jadi tips yang ke4, jangan ragu buat dateng test food, wedding fair dan datengin vendor. Jangan khawatir mereka ada paket dan kita ga pake paket mereka (klo orangnya mau ribet kayak gue ya klo engga udah paketan aja, bayar tinggal beres) karna kita menginginkan semua yang terbaik untuk acara sekali seumur hidup kita.

Wedding Moodboard Model Mutia&Restu


Venue sudah, catering, dekor, souvenir dll sudah ditangani bagiannya masing-masing terus apa lagi dong?. Bikin rundown acara pernikahan kamu dan tentukan PIC nya ini tips ke5. Kalo kamu bingung bisa kamu cari di search engine machine atau tanya ke MC dan Penghulu, mereka pasti tau kok. Nah kalo yang ini kamu ga bisa buat sendiri, jadi Bulan Februari awal aku buat rapat keluarga buat nentuin PIC sesuai skill dan kecocokan masing-masing orang dari keluarga. Buat tim dari masing-masing divisi. Kalo jumlah keluarga kurang dari divisi, kamu jangan ragu untuk minta tolong temen baikmu, mereka pasti mau kok ngebantu kamu :))
ini model rundown yg ku buat untuk acaraku

Nah yang terakhir, tips yang ke6 setelah semuanya sudah dipersiapkan 2 minggu sebelum acara aku check bucket list yang sudah kita buat. Cek apakah souvenir sudah oke, baju sudah jadi dan detailnya sesuai yang kita mau, apa tim dekor sudah mengerti yang kita mau, bunganya available ga? itu saat-saat yang paling degdegan sih. 2 minggu sebelum acar baju aku belum ready 100% baju akad masih di payet dan yang resepsi revisi motifnya. Hahaha tapi seru sih. Kalo udah kayak gini aku saranin mending kalian nyalon aja biar rilex hahaha. 

Semoga informasinya bermanfaat buat temen-temen yang mau nikah atau yang mau belajar dulu sebelum nikah. Yang penting, banyak-banyakin sabar dan senyum. Akan seru sekali loh ngerancangnya. Oh iya tips lain dalam perancangan pernikahan adalah banyak-banyakin baca buku, searching dan update tentang wedding dan jangan takut ga pake WO apalagi buat kalian yang punya keluarga besar :))

Komentar

Postingan Populer