WEDDING ATTIRE

tatatataaaaaaa...

Ngomongin soal wedding tuh kayak ga ada habisnya. Aku mau tema ini, pake ini itu nanti warnanya ini terus kalo dikasih ini pasti lucu, wah mau kayak cinderella atau mau yang garden party aja, atau mau yang wah banget. Dari mulai acara 50 orang sampe ngundang ribuan orang. Wedding selalu aja seru buat di kulik. Tahun 2016 akhir pas restu ngebecandain pernikahan dia pernah tanya gini "Mut kamu mau pernikahan yang kayak apa?" spontan aku jawab mau diadain malem, garden party, pake kereta kuda, banyak ornamen berkilau kayak magis, terus ada kue yang modelnya ada daunnya tapi yang tinggi terus taman-tamannya dihias kayak hutan terus terus terus ...... jadi panjaaaang banget jawabannya dan obrolan wedding pasti ga lepas dari baju yang kayak apa yang mau kita gunakan. Itu jawaban waktu aku belum tau apa-apa tentang pernikaha, tentang resepsi dan tentang budgeting. Untung restu pengertian haha dia cuma ketawa sambil bilang "belajar keuangan dulu sana" terus kayaknya ada raut pusing deh di wajahnya hihi. Aku kan masih polos gatau apa-apa, maapin yak saat itu hehe.

Restu bilang dia mau yang jawa banget tapi pas searching dan ternyata banyak adat yang ribet kita sepakat untuk konsepin yang tradisional tapi modifikasi. Tapi, dalam pemilihan baju, kita banyak diskusi. Kita mau baju yang kita pakai itu sesuai yang kita mau. Berawal dari sebuah pertunjukan yang kita jadikan referensi. Oh iya aku jelasin dulu deh (oke ini flow tulisannya agak maju mundur ya guys) jadi aku adalah seorang anak yang suka dengan Disney Princess dan gayaku lebih ke modern vintage. Menurutku, gaya-gaya old school atau yang vintage itu lebih seru dan ga ngebosenin. Sementara dalam pandanganku suamiku adalah seorang melankolis yang suka sejarah dan waktu kita memutuskan nonton pertunjukan "Bunga Penutup Abad" nya opa pram oleh titi mangsa, bajunya reza rahadianlah yang kita jadikan referensi, baju jawa masa kolonial. Sempet kepikiran jadiin sodara dan teman-teman sebagai pengiring ala kraton kolonial tapi ga jadi hehe karna prosesinya ribet dan butuh latihan juga haha. 

berikut ini referensi baju untuk pria nya:
kanan: foto untuk poster | kiri: foto saat pertunjukan
dari model-model ini akhirnya kita obrolin ke keluarga dan mereka sepakat ini terlalu sederhana akhirnya aku dan restu coba-coba untuk buat tambahin payet cari motif dan model yang kira-kira bisa kasih kesan lebih wah disini. Seru. Nyari gini ternyata ga gampang hahaha udah gambar motif dll tapi serasa ada yang kurang mulu sampe akhirnya aku diingetin untuk jangan terlalu perfectionist ini waktu udah mepet loh. Oke akhirnya kita dapetin yang udah fix dan begini hasilnya.

Groom Reception Attire
Lanjut ke baju yang aku pake. Konsep awalnya menyesuaikan yang restu mau awalnya sempet ditawarin dari sanggar untuk pake baju-baju mereka dan pas diliat ya seperti baju pada umumnya dengan ekor dari bagian bawah atau baju jawa yang tanpa ekor sama sekali. Lalu setelah pertapaan yang lumayan panjang akhirnya aku akhirnya nemu satu konsep yang menurutku sih bagus nih buat diterapin. Kayak di negeri dongeng, dari dulu aku selalu mau pakai jubah dan biar ga sepi jubahnya aku kasih gambar burung pheonix. Kenapa pheonix? burung pheonix disebut-sebut dalam banyak cerita sebagai burung abadi. Sok-sok-an cocokloginya aku, aku mau itu bermakna sama dengan pernikahan ini. Haha. So sweet ga?. Lalu pada bagian bahu aku mau agak tegak dengan ukir tanda ketegasan dan pada bagian leher dibuat model turtleneck untuk nambah kesan old dan dramatis. Pada bagian pinggang aku buatkan ikat pinggang full payet dengan bentuk agak lancip untuk mengimbangi pengantin pria dan juga menambah kesan di baju yang aku buat.

Oh iya, ini semua dibuat terpisah. Jadi bajunya sendiri terus di bagian bahu depan dan belakang ada klip untuk jubahnya, totalnya 4 klip. Aku request begitu agar bentuknya tetap seperti yang aku mau segimana aku geraknya dan untuk ikat pinggangnya juga terpisah, ada klipnya tapi bisa di ikat. Buat konsep satu baju ini butuh waktu yang lumayan dari proses gambar sampai terusnya ke tukang jait. Bolak balik ke tukang jait untuk revisi biar jadinya sesuai yang aku mau dan ternyata kita hampir kehabisan waktu buat payetnya yang ternyata kalo biasanya proses payet 2minggu karna aku minta detail dan motif tertentu dan nyari warna payet yang aku maunya yang agak susah. Walaupun cuma 2 warna payet yang aku pake sh sebenernya tapi warnanya agak ga biasa dan eh ternyata jadinya 4 minggu. Sempet deg-degan pas 2 minggu sebelum acara bajunya belum jadi. Pembuatan baju ini yang kayaknya paling banyak dramanya hehe.


Bride Reception Attire

Lanjut ke baju akad.
eiiiiiiitsssssss, kenapa sih baju akadnya belakangan dari baju resepsinya? kan harusnya akad duluan dibahas biar sesuai sama urutannya. Jawabannya sih simpel aja. Karna baju resepsinya yang paling banyak drama. Udah itu aja. Mulai dari menuangkan ide dalam kertas, gambar, dalam foto, cari referensi sampe drama-drama yang lain. Aku gatau ya apa ini karna efek sekolah desain, kita tuh jadi terbiasa mikirin bahkan sampai hal-hal detail yang mungkin orang mikir sebenernya biar singkat kan ga usah dibahasin, udah yang biasa aja. hm.

Kalo untuk baju akad kita super cepet sih makanya akhirnya dibuatin belakangan haha. Anyway baju akad aku baru beres h-3 acara pernikahan. Seru juga sih ini sebenernya. Jadi pas ditanya mau baju akad yang gimana kita berdua langsung sepakat putih tapi ga pure white jadi agak ke broken gitu. Terus pas ditanya model aku cuma bilang mau yang sampai kerah, ga panjang, klasik dan aku dikasih beberapa referensi (jadi waktu itu kita terlalu sibuk sampe ga bsa cari) dan akhirnya aku milih deh. Kalo restu lebih simpel lagi, udah apa aja deh nyesuain mutia aja. Haha udah pusing ni akan ngurusin nikahan kayaknya.


Kalau tanya vendor apa yang aku pakai, jawabannya aku punya ayah mertua yang jago jejaitan dan baju akad ku dan restu semua dibuatnya. Jadi kalau ada yang mau jait-jait apa gitu bisa langsung ke ayah mertuaku. Oh iya sebenarnya dia juga yang buat contoh baju keluarga dan dia juga yang buat 2 set baju akad dan resepsi untuk orang tua. Kita tinggal kasih model aja nanti dijaitin sesuai yang kita mau. Hm aku juga banyak konsul bahan karna ga semua model yang keliatannya sama bisa pake bahan yang sama juga. Kita bisa konsul bahan-bahan apa yang buat kita nyaman saat pake dan referensi beli dimana hanya si penjahit yang tau hehe. Kalo mau ada yang dibuatin baju pernikahannya boleh kok. Let me know ya :)

Untuk resepsi, baju restu juga ayah yang buatkan dan bajuku dibuatkan oleh sanggar karna butuh detail yang banyak dan ayah juga udah pegang terlalu banyak jaitan saat itu. Jadi kita bagi-bagi kerjaan, awalnya kita sempat mau semuanya dibuatkan tapi aku menolak dengan alasan order yang sudah terlalu banyak. Baju keluarga yang dibuat aja awalnya 50 set dan ada tambahan juga, plus mau ditambah baju resepsiku yang mana aku anaknya banyak mau? duh ngebayanginnya aja udah secapek apa bakal dikerjainnya sih hm. Tapi Alhamdulillah semua lancar. Merencanakan pernikahan sendiri tanpa WO itu seru loh, silahkan dicobaaa :))





Komentar

Postingan Populer